Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut

Manfaat Lidah Buaya Untuk Rambut – Lidah buaya atau yang sering juga disebut aloe vera merupakan tanaman yang berasal dari kawasan kering di Afrika. Tanaman ini pun bisa dengan mudah kita jumpai di Indonesia. Sebagian orang malah menjadikan tanaman ini sebagai hiasan di pekarangan rumah mereka. Selain sebagai tanaman yang bisa mempercantik pekarangan rumah, lidah buaya juga memiliki banyak khasiat  yang bisa kita manfaatkan untuk kesehatan. beberapa manfaat lidah buaya bagi kesehatan diantaranya adalah untuk mengontrol tekanan darah, sebagai stimulan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, menurunkan kadar gula didalam darah bagi para penderita diabetes, sebagai nutrisi pendukung untuk penderita penyakit kanker dan juga penderita penyakit HIV/AIDS. Tapi dari semua manfaat diatas yang paling terkenal dari manfaat lidah buaya tentu saja sebagai obat untuk kesehatan rambut.

lidah buaya pencegah kerontokan

Manfaat lidah buaya untuk rambut memang sudah diteliti dan digunakan sejak lama. Lidah buaya mengandung banyak kandungan alami seperti serat alami, mineral, protein dan asam amino. Selain itu lidah buaya mengandung semua jenis vitamin, kecuali vitamin D. Kandungan vitamin inilah yang membuat banyak orang memanfaatkan lidah buaya sebagai obat untuk kesehatan rambut. Beberapa manfaat lidah buaya untuk rambur diantaranya :

Mengatasi masalah rambut rontok

Masalah rambut rontok memang sering membuat kita jengkel. Bagaimana tidak, rambut yang berjatuhan pada saat disisir tentu akan membuat kita tidak nyaman. Terlebih lagi jika rambut rontok dengan intensitas yang banyak. Jika dibiarkan terus menerus, bukan tidak mungkin hal ini bisa berakibat pada kebotakan. Untuk mengatasinya cukup dengan menggunakan lidah buaya yang kita oleskan ke kulit kepala setiap kali mandi.

Mengatsi ketombe

Selain rambut rontok, mungkin masalah ketombe menjadi mimpi buruk selanjutnya bagi kesehatan kulit kepala dan rambut kita. Terlebih lagi ketombe menyebabkan rasa gatal dan panas yang sering menyiksa di kulit kepala. Sebetulnya saat ini banyak shampoo anti ketombe yang beredar di pasaran, tetapi tidak semua orang memiliki kondisi kulit kepala yang sama dan belum tentu cocok dengan produk shampoo yang beredar. Untuk mengatasi masalah ketombe ini cukup dengan mengoleskan kulit kepala ketika dalam keadaan basah dengan cairan dari daging lidah buaya, dan diamkan sekitar 30 menit lalu bilas hingga bersih. Lakukan dengan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengatasi minyak berlebih di kulit kepala

Rambut berminyak sebetulnya merupakan masalah kulit kepala, dimana kelenjar minyak pada kulit kepala mengeluarkan minyak berlebih yang membuat rambut kita seakan2 berminyak setiap saat dan sering menimbulkan rasa panas di kulit kepala. Untuk mengatasinya cukup dengan memakai lidah buaya sebagai shampoo dan gunakan secara teratur setiap mandi.

Sebagai pelembab alami rambut

Selain shampoo, saat ini banyak produk pelembab rambut yang beredar di pasaran, istilah lainnya kondisioner. Manfaat kondisioner ini sendiri adalah untuk memberikan kelembaban pada rambut sehingga tidak membuat rambut cepat kering, karenan kekeringan pada rambut bisa menyebabkan masalah seperti rambut patah dan ketombe. Sebetulnya kita bisa menjadikan lidah buaya sebagai kondisioner alami rambut. Vitamin yang terdapat dalam lidah buaya  mampu menjaga kesehatan rambut kita selama beraktivitas dan menjadikan kulit kepala terasa lebih segar.

Itulah beberapa manfaat lidah buaya untuk rambut yang memang sudah sejak lama dijadikan obat untuk mengatasi masalah pada rambut dan kulit kepala. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s